Rabu, 08 Februari 2017

Belajar Privat Ngaji Iqro Guru Ke Rumah Siswa

Belajar membaca memang sebuah keahlian khusus. Kemampuan membaca itu ibaratnya anak mengamati gambar juga seperti gambar bendera atau simbol yang lainya. Membaca adalah mengamti simbol yang berupa huruf-huruf. Untuk diamati lalu dibuat kesepakat bahwa bunyi A itu disimbolkan dengan huruf A.

Anak yang usianya masih kecil dilarang diajari membaca karena biar dia berekploarasi lebih luas dalam bermain-main. Mereka dilarang untuk diberikan pembatasan dengan simbol-simbol huruf. Baik itu simbol huruf Latin  A B C dst atau huruf Arab Hijayyah .......     alif, ba' , ta' dst.

Khursus atau les privat membaca diajarkan pada anak usia TK besar atau SD kelas Kecil, dengan tujuan untuk menunjang kemampuan mempelajari ilmu yang lainnya. Dengan membaca anak dapat menyerap perintah dan cerita yang ada di mata pelajar SD.

Kenapa anak TK PAUD dilarang diajarikan membaca dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Supaya mereka tidak terenggut waktu atau masa bermain-mainnya. Masa yang menyenangkan bagi mereka untuk berekplorasi dalam bentuk dan wariasi permainnya.



Tantangan pengajaran membaca adalah konsentrasi dalam proses pembelajar anak. Anak sukanya baru main-main yang disuruh belajar sambil main. Biar kan anak untuk menikmati masanya secara penuh. Karena masa itu tidak bisa diulang lagi.